Rabu, 17 Februari 2010

Wi-Fi Seri N Tercepat Bluelink Raih MURI



JAKARTA - Setelah dilakukan pengetesan kecepatan, Museum Rekor Indonesia (MURI) pun mencatat dan menyerahkan piagam rekor Wi-Fi Seri N Tercepat untuk produk Bluelink R33N dan USB Wi-Fi U93N.


Performa Bluelink diuji melawan semua merk besar Wi-Fi yang ada di Indonesia di depan pengunjung di Bandung Electronic Center (BEC). Hasilnya data transfer Bluelink mencapai 86Mbps sedangkan merk lain berkisar 20 Mbps hingga 60Mbps.

"Kecepatan Bluelink bisa lebih maksimal lagi, angka tersebut didapat dalam keadaan area BEC yang penuh sinyal Wi-Fi. Lebih dari 15 hotpot terdeteksi pada saat pengetesan. Seperti kita ketahui, semakin ramai hotspot, akan menyebabkan kecepatan data transfer semakin menurun," ujar Teddy Risdianto, Marketing Manager Bluelink, melalui keterangan resminya, Selasa (16/2/2010).

BEC sebagai pusat IT di Bandung memang menjadi tempat pengetesan yang extreme, jarang bisa ditemui tempat dengan begitu banyak hotspot di terdeteksi di satu lokasi di Indonesia.

Pada hari itu, lanjut Teddy, pengetesan dilakukan di depan seluruh pengunjung BEC (Bandung electronic centre), Benchmarking Performa Bluelink dilakukan terhadap semua merek laris di pasar buatan Amerika Serikat, Taiwan dan Cina. Hardware yang dibandingkan tersebut dibeli dari dealer besar masing-masing merk di mall BEC sesaat menjelang pengetesan dilakukan.

Produk Bluelink yang di pakai adalah R33N 300 mbps wifi router dan U93N 150 Mbps Wi-Fi USB. Sedangkan pembanding lain semua yang dibeli adalah top of range (tercepat dan atau termahal) masing masing merek. Software benchmarking yang dipakai adalah Chariot dan masing masing merek di test 3 kali selama 3 menit.

Pengetasan kecepatan transfer data diawali oleh test product bluelink dan mendapatkan angka 86,89 Mbps, kemudian dilanjutkan dengan merk2 wifi ternama lainnya yang mencatat angka berkisar 21.9 hingga 60.5 Mbps, kemudian ditutup dengan test ulang produk Bluelink dan hasilnya luar biasa tetap konstan di 86,87 Mbps.

Acara ini ternyata mennyedot perhatian pengunjung. Yang menarik, kelompok yang paling antusias ternyata datang dari pemilik toko di BEC. Produk Bluelink yang dibandrol ekonomis ini ternyata punya kemampuan jauh di atas produk Wi-Fi lain yang notabene harganya lebih mahal.

Router wifi seri N Bluelink (BL-R33N) dibandrol dengan harga berkisar Rp450.000 dan untuk Wifi USB receiver (BL-R33N) dibandrol Rp275.000. Sebagai perbandingan, merek lain yang diadu perfomanya, rata-rata harganya dua kali lipat dari Bluelink. (srn)

0 komentar:

Posting Komentar